SELAYANG PANDANG LPK HIMAWARI
Latar Belakang
LPK HIMAWARI berperan dalam pemberdayaan Sumber
Daya Manusia (SDM)
khususnya generasi muda melalui program yang bertujuan pada pembentukan
sikap,mental dan ketrampilan serta kemandirian yang meliputi program utama Diklat
Bahasa Jepang Terpadu dan Pemagangan Jepang.
Untuk mencapai hasil maksimal dalam pelaksanaan
program tersebut, LPK HIMAWARI bekerjasama dengan instansi atau lembaga lain yang sudah mendapat
kepercayaan dan bisa dipertanggungjawabkan.
Diharapkan setelah selesai mengikuti program
tersebut, para generasi muda memiliki keterampilan memadai yang didukung pengalaman, sikap
kerja positif, kreatifitas, dan kemandirian sehingga mampu membuka usaha
sendiri dan berhasil.
2. Tujuan
- Menyiapkan peserta didik menjadi anggota
masyarakat yang memiliki keterampilan Bahasa Jepang.
- Menyiapkan lulusan yang dapat menerapkan
keahliannya dalam bidang bahasa Jepang untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat dan tenaga kerja pemagangan Jepang.
- Menyiapkan lulusan yang mandiri,
bermoral, bermartabat dan bisa menjadi panutan dalam masyarakat.
3. Kondisi Nyata
LPK HIMAWARI telah melaksanakan
Standar Kompetensi Lulusan Lembaga Kursus Bahasa Jepang dan program Pemagangan Jepang secara menyeluruh, sesuai
dengan :
1. UUD 1945 Pasal 28 B Ayat
2 dan Pasal 28 C Ayat 2.
2. UU No. 23 tahun 2002
Tentang Perlindungan Anak.
3. UU No. 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).
4. Peraturan Pemerintah No.
27 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Persekolahan.
5. Peraturan Pemerintah No.
73 Tahun 1991 Tentang Pendidikan Luar Sekolah.
6. Keputusan Menteri
Pendidikan Nasional No.0511/10/2001 Tanggal 19 April 2001
7. Akte Notaris : SYEKH ALKAFF,
SH. No. -01- Tanggal 05 Desember 2017
Akta terdaftar di
Kepaniteraan Pengadilan Negeri Selong Kelas 1B No. 236/HK/HT.10.10/XII/2017 Tanggal 07
Desember 2017
8. NPWP
Lembaga: 83.505.517.9-915.000
4. Kondisi Ideal
Keberhasilan
penyelenggaraan program Bahasa Jepang dan program Pemagangan Jepang LPK HIMAWARI pada setiap Tingkat Satuan Pendidikan Nonformal dapat tercapai apabila
proses pembelajaran mampu membentuk pola perilaku peserta didik sesuai dengan
tujuan pendidikan, serta dapat dievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan
tes dan nontes. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui
persiapan yang matang dan terencana dengan baik. Merespon Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 1991
Tentang Pendidikan Luar Sekolah., Maka
Tim pengelola terus berbenah agar apa yang direncanakan untuk mencerdaskan anak
bangsa dapat terwujud sesuai dengan visi dan misi LPK HIMAWARI dan Program
pemerintah.
5. Potensi
dan Karakteristik Satuan Pendidikan
Untuk
mengetahui Potensi dan Karakteristik LPK HIMAWARI maka diperlukan suatu proses Analisis Lingkungan Internal
maupun Analisis Lingkungan Eksternal dangan mempergunakan suatu pendekatan
Analisis SWOT.
Analisis.SWOT.(Strength/kekuatan,Weaknesses/kelemahan,Opportunities/peluang,
dan Threats/ancaman) yang berupa
faktor internal (SW) dan eksternal (OT) merupakan suatu hal yang harus
dilakukan agar sekolah benar-benar memiliki acuan seberapa besar Potensi dan
Karakteristik Satuan Pendidikan
lembaga itu.
Hasil dari Analisis
tersebut adalah sebagai berikut:
Faktor Internal:
Ø Strength (
Kekuatan ) :
§ Visi, misi, sasaran dan tujuan
telah mengacu pada perkembangan metode, konsep dan teknologi sistem informasi.
§ Memiliki tenaga tutor yang memadai dan mempunyai
semangat, pengabdian, dedikasi, loyalitas, tanggung jawab dan
komitmen yang tinggi.
§ Rasio Pendidik
berkualifikasi SMA/SMK, S1 dan S2 .
§ Kurikulum disesuaikan
dengan situasi lingkungan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
informasi terutama pada metodologi baik pengadaan bahan
ajar maupun sumber belajar lainnya.
§ Fleksibilitas
kurikulum.
§ Peningkatan sarana dan
prasarana masih dapat ditingkatkan.
§ Tingkat kompetisi calon Warga Belajar.
§ Nilai lulusan
rata-rata di atas 75,00
§ Internet dapat diakses dengan
baik.
§ Perkembangan kebahasaan dan
model
belajar dapat diandalkan.
Ø Weaknesses (
Kelemahan ) :
§ Masih terdapat tenaga pendidik, tenaga
kependidikan dan warga belajar yang belum memahami visi,
misi dan tujuan lembaga secara jelas.
§ Masih ada tenaga
pendidik yang memiliki kompetensi tidak sesuai dengan program kursus dan pelatihan yang
di jalankan.
§ Tenaga Tata Usaha/Administrasi belum
memadai.
§ Pengetahuan calon warga belajar terhadap Program Bahasa Jepang dan pemagangan Jepang di LPK HIMAWARI masih kurang.
§ Warga belajar belum memanfaatkan fasilitas
secara maksimal.
§ Pengembangan tenaga pendidik sudah
terprogram, namun belum merata.
§ Pemanfaatan sarana dan
prasarana belum digunakan secara maksimal.
§ Belum mencapai organisasi
yang modern.
§ Pemanfaatan hasil
evaluasi belum digunakan secara optimal.
§ Kepedulian
pendidik, tenaga kependidikan dan warga belajar belum merata.
§ Belum ada jaminan
penyaluran hasil lulusan yang memadai.
§ Kemauan pendidik melakukan
penelitian masih rendah.
Faktor Eksternal :
Ø Opportunities (
Peluang ) :
§ Terbukanya akses kerjasama
dengan stakeholder, sehingga tujuan dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang
diharapkan.
§ Pengembangan Pendidik ke
jenjang pendidikan yang lebih tinggi masih sangat terbuka.
§ Dukungan dana Bantuan
Operasional Lembaga Kursus (BOLK) yang memadai.
§ Kesempatan memperoleh dana
di luar BOLK/BOP dari pihak eksternal.
§ Tingginya kepercayaan
masyarakat.
§ Berpeluang untuk
meningkatkan pelayanan kepada warga belajar terutama bimbingan
mengakses informasi melalui internet.
Ø Threats ( Ancaman ) :
§ Fasilitas LPK
pesaing lebih bagus.
§ Tingkat kesadaran
pendidikan masyarakat yang rendah.akibat krisis ekonomi global.
§ Kondisi yang tidak stabil
dapat mengancam keberlangsungan pendidikan nonformal.
§ Perkembangan teknologi
informasi yang tidak terakomodasi.
§ Pengaruh negatif akibat
dari lokasi lembaga yang berada
ditengah-tengah daerah wisata pantai, pusat perbelanjaan.
B. PROFIL LEMBAGA
A. Identitas Lembaga
Nama Lembaga :Lembaga Pendidikan dan Pelatihan HIMAWARI
No. NPWP Lembaga :83.505.517.9-915.000
No.Akta Notaris Lembaga : Akte
Notaris : SYEKH ALKAFF, SH. No. -01- Tanggal 05 Desember 2017 Akta terdaftar di
Kepaniteraan Pengadilan Negeri Selong Kelas 1B No. 236/HK/HT.10.10/XII/2017
Tanggal 07 Desember 2017
Alamat : Jln. Pejanggik Selong Lombok Timur Nusa Tenggara Barat
No.Telp/HP : +6281916241833
E-Mail : lpkhimawarilombok@gmail.com
Nama Pimpinan Lembaga : Rusman, S.AP
No.NPWP Pimpinan : 83.511.897.7-915.000
Visi
- Menjadi Lembaga Pendidikan dan pelatihan berkualitas, yang mampu
mencetak lulusan unggul, kompetitif, berdayasaing dan religius
Misi
- Meningkatkan dan mengembangkan potensi generasi muda
melalui program pendidikan dan pelatihan.
- Mensosialisasikan pendidikan dan pelatihan,
memberitahukan solusi untuk bisa mengikuti program pemberdayaan SDM
- Mempersiapkan tenaga kerja yang terampil, kompeten dan produktif
serta memiliki permodalan untuk dapat dikembangkan di Indonesia setelah
kembali nanti.
- Menjadi Lembaga Pendidikan yang
menjadikan manusia Kerja Cerdas, Kerja Keras, Kerja Tuntas, Kerja Ikhlas
Motto
Menciptakan Masyarakat
Cerdas, Kreatif, Inovatif Dan Memiliki Keterampilan Bahasa Jepang Yang Aktif
Dan Bermanfaat.
Tujuan
- Menyiapkan peserta didik menjadi anggota
masyarakat yang memiliki keterampilan Bahasa Jepang.
- Menyiapkan lulusan yang dapat menerapkan
keahliannya dalam bidang bahasa Jepang untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat dan tenaga kerja pemagangan Jepang.
- Menyiapkan lulusan yang mandiri,
bermoral, bermartabat dan bisa menjadi panutan dalam masyarakat.
Sejarah LPK HIMAWARI
LPK HIMAWARI didirikan oleh ex magang Jepang yaitu Rusman,S.AP
LPK HIMAWARI didirikan oleh ex magang Jepang yaitu Rusman,S.AP
LPK HIMAWARI berdiri didasari faktor-faktor sebagai berikut:
1. Salah satu pendiri merupakan mantan pemagang Jepang yang
ingin menerapkan ilmu yang diperoleh dari Jepang
2. Di masyarakat masih
banyak generasi muda yang ingin meningkatkan kompetensinya melalui program
magang
3. Permintaan dari
perusahaan Jepang mengenai peserta magang dari Indonesia
4. Perlunya pembentukan
lembaga diklat resmi untuk mewadahi kegiatan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM).
Comments
Post a Comment